Selasa, 22 September 2015

Tips Mencegah Datangnya Penyakit Dengan Bengkoang

Tips Mencegah Datangnya Penyakit Dengan Bengkoang,Bengkoang merupakan buah yang banyak mengandung air yang menyegarkan dan tinggi air ini kaya akan berbagai nutrisi dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Vitamin yang paling tinggi Bengkuang adalah vitamin C, sedangkan kandungan mineralnya adalah fosfor, besi, kalsium dan lain-lain. Karena kandungan air yang tinggi, bengkuang dapat menyegarkan tubuh dan meningkatkan cairan dalam tubuh.

Sekilas Tentang Bengkoang
Bengkuang atau bengkoang (Pachyrhizus erosus) dikenal dari umbi (cormus) putihnya yang bisa dimakan sebagai komponen rujak dan asinan atau dijadikan masker untuk menyegarkan wajah dan memutihkan kulit. Tumbuhan yang berasal dari Amerika tropis ini termasuk dalam suku polong-polongan atau Fabaceae. Di tempat asalnya, tumbuhan ini dikenal sebagai xicama atau jícama. Orang Jawa menyebutnya sebagai besusu

Kandungan Gizi Dari Bengkoang
=>Energi 38 Kcal 2%
=>Karbohidrat 8.82 g 7%
=>Protein 0,72 g 1%
=>Total Lemak 0.19 g <1%
=>Kolesterol 0 mg 0%
=>Diet Serat 4,9 g 13%
=>Vitamin Folat 12 mg 3%
=>Niacin 0.200 mg 1,5%
=>Asam pantotenat 0,135 mg 3%
=>Pyridoxine 0,042 mg 3%
=>Riboflavin 0,029 mg 2%
=>Thiamin 0.020 mg 2%
=>Vitamin A 21 IU 1%
=>Vitamin C 20.2 mg 34%
=>Vitamin E 0,46 mg 3%
=>Vitamin K 0,3 mg <1%
Khasiat Dan Manfaat Dari Bengkoang
=>Membantu mengobati Wasir Serat dalam bengkuang bisa membantu untuk mengatasi wasir. Hal ini karena manfaat serat adalah membantu memperlancar saluran pencernaan, sehingga BAB menjadi lebih mudah dan tidak menimbulkan rasa sakit. Dengan demikian, wasir akan semakin mudah dan cepat untuk disembuhkan dengan pengobatan. Untuk mengatasi wasir, buat dalam bentuk jus dan minum setiap bangun tidur di pagi hari.

=>Mengobati Demam Bengkuang mengandung senyawa kimia yang berkhasiat untuk mendinginkan dan menurunkan demam. Umbi bengkuang dapat dimakan secara langsung atau dibuat menjadi jus dan minum pagi dan sore .

=>Baik untuk Penderita Diabetes Mellitus Disamping menggunakan obat dokter, bengkuang bisa digunakan untuk membantu mempertahankan kadar gula darah. Serat makanan yang terkandung dalam bengkuang berperan menurunkan kadar gula darah, karena akan diserap pencernaan secara perlahan dan tidak semua diubah menjadi glukosa. Untuk menjaga kadar gula darah tetap normal, bengkuang bisa dibuat jus atau diparut kemudian disaring dan diminum setiap pagi dan sore.

=>Mengobati Sariawan Sariawan mulut merupakan gejala pengikisan kulit mulut pada bagian dinding dalam pipi atau lidah. Penyebab tamanya adalah kekurangan vitamin C, alergi, atau penurunan daya tahan tubuh. Kandungan vitamin C  Bengkuang yang bekerja sebagai antioksidan bisa membantu mempercepat proses penyembuhan. Bengkuang bisa diberikan dengan cara dibuat jus dan ditambah dengan madu dan air.

=>Sumber fitoestrogen Alami Fitoestrogen sangat diperlukan oleh wanita untuk mempertahankan kualitas hidup mereka di usia tua. Ketika wanita memasuki masa menopause, maka tubuh tidak lagi memproduksi estrogen dalam jumlah yang cukup, sehingga akan mengalami kecenderungan  kemunduran fisik, termasuk kulit keriput lebih cepat dan tulang menjadi rapuh dan mudah patah. Bengkuang adalah salah satu makanan yang mengandung estrogen, dan baik bagi wanita yang telah memasuki masa menopause. Dengan demikian keluhan yang umum pada masa menopause bisa dihindari, sehingga tubuh menjadi lebih segar dan lebih menarik .

=>Menurunkan Tingkat Kolesterol Darah Terapi jus bengkuang bisa dimanfaatkan untuk menurunkan kolesterol dalam darah, hal ini karena adanya kandungan air dan serat yang tinggi. Selain serat dan kadar air tinggi, kandungan vitamin C dalam bengkuang juga berfungsi sebagai antioksidan yang juga dapat membantu pengurangan kadar kolesterol.

=>Mengurangi Produksi Asam Lambung Ahli Naturopathic menyarankan untuk mengkonsumsi Bengkuang dalam keadaan segar.  Hal ini karena sifat umbi yang dingin dan alkali, sehingga lebih cepat menyerap asam lambung yang berlebih .

=>Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh Kandungan vitamin C dan beberapa fitonutrien yang ditemukan dalam bengkuang  bisa meningkatkan dan menjaga sistem kekebalan tubuh, sehingga relatif  bisa terhindar dari serangan berbagai infeksi dan penyakit yang disebabkan oleh virus, bakteri dan mikroorganisme berbahaya lainnya.

=>Kecantikan Nutrisi dalam Bengkuang juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan yang baik untuk paket kecantikan. Tidak mengherankan jika saat ini bengkuang banyak digunakan sebagai bahan untuk membuat berbagai krim dan lotion tubu . Salah satu cara tradisional perawatan kecantikan wajah adalah dengan membuat masker wajah dari bengkuang . Caranya sangat mudah, parut bengkuang dan kemudian tumbuk sedikit sebelum mengaplikasikannya pada wajah dengan menggosoknya sebentar dengan gerakan memutar. Manfaat yang akan didapatkan dengan cara ini adalah melindungi kulit wajah dari panas matahari, mencerahkan kulit wajah secara alami, dan membantu menghilangkan bintik-bintik hitam pada wajah. Selain itu, masker yang terbuat dari bengkuang akan meredakan atau mengempiskan jerawat dan membantu mengurangi bekas luka akibat jerawat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar